FAQ Layanan Distribusi Pers Rilis

Apa itu layanan Distribusi Pers Rilis?

Distribusi Pers Rilis adalah layanan penulisan tentang value perusahaan/individu yang dikemas melalui sebuah siaran pers (pers rilis). Rilis ini nantinya akan didistribusikan ke media-media nasional.

Apa perbedaan Pers Rilis dengan Advertorial?

Pers Rilis dan Advertorial sama-sama ditulis berdasarkan brief dari klien/perusahaan. Namun, Pers Rilis ditulis dengan konsep soft selling, sedangkan Advertorial bersifat hard selling dan dengan harga sesuai rate card masing-masing media. Namun keduanya tetap disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik.

Apakah klien bisa melihat berita yang ditulis oleh wartawan (berdasarkan Pers Rilis) sebelum tayang?

Tidak. Karena itu sudah wewenang wartawan dari media tentang bentuk tulisan berdasarkan dari Pers Rilis yang telah kami kirimkan. Namun begitu, bila setelah beritanya naik dan ternyata tidak sesuai/jauh secara konten dengan yang ada di Pers Rilis, kita bisa mengajukan permohonan untuk mereka/wartawan lakukan revisi. Dengan kata lain, Pers Rilis adalah panduan untuk wartawan menuliskan berita.

Hal-hal apa saja yang bisa klien ajukan untuk editing berita yang sudah tayang?

Bila terjadi kesalahan penulisan nama pejabat, nama tempat, angka-angka/data dan hal-hal lain yang menyangkut profil perusahaan yang tidak sesuai seperti yang tercantum di Pers Rilis. Kita bisa ajukan untuk revisi kesalahan-kesalahan tersebut.

Kapan rilis tersebut tayang?

Rilis tersebut sangat mungkin tayang pada hari yang sama saat rilis sudah disetujui klien, namun setiap media memiliki kebijakannya masing-masing sehingga ada kemungkinan baru bisa tayang 1-3 hari kemudian.

Di media mana saja rilis tersebut akan tayang?

Kami akan melampirkan daftar media besar online (tier 1) yang potensial untuk penayangan rilis tersebut pada saat penawaran. Daftar itu hanya untuk informasi dan bukan klien pilih media apa. Namun, begitu klien bisa mengajukan preferensi media sehingga kami akan upayakan untuk bisa tayang di media preferensi tersebut.

Siapa saja yang bisa memakai layanan distribusi Pers Rilis itu?

Semua pihak yang membutuhkan pemberitaan tentang kegiatan korporat maupun personal (dalam rangka personal branding).

Bagaimana langkah-langkahnya untuk penulisan Pers Rilis?

Ada dua cara. Pertama, klien bisa memberikan kepada kami bahan tulisan yang sudah jadi lalu kami yang akan me-review sebelum dikirimkan ke media. Bila ada yang perlu kami edit, kami akan lakukan editing naskah. Kami akan minta approval dari klien atas naskah yang sudah diedit sebelum kami kirimkan ke media. 

Cara ke-2 adalah klien bisa mengirimkan bahan mentah tulisan atau proses wawancara. Setelah itu kami menyusun draft naskah Pers Rilis yang kami akan minta persetujuan (approval) dari klien sebelum kami kirimkan ke media. 

Bila sudah mendapatkan persetujuan (dari kedua cara tadi), kami akan kirimkan ke media.

Bagaimana cara order distribusi Pers Rilis?

Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Media Engagement

Apa yang dimaksud Media Engagement?

Media Engagement merupakan variasi kegiatan yang dibuat oleh perusahaan/klien dengan melibatkan awak media sebagai subjek utama dalam kegiatan tersebut. Hal ini bertujuan agar terjalin hubungan baik antara awak media dengan perusahaan/klien.

Apa saja variasi kegiatan dari Media Engagement?

Media Engagement yang menjadi wadah interaksi antara klien dengan awak media terdiri dari beberapa jenis kegiatan seperti: 
• Media Visit (Kunjungan klien/perusahaan ke kantor media).
• Media Luncheon (Makan siang bersama awak media)
• Media Briefing (Kegiatan sehari penuh bersama awak media)
• Media Gathering (Kegiatan menginap 3 hari 2 malam bersama awak media)
• Media Nurturing (Klien/Perusahaan/Brand membuat acara khusus terkait spesialisasinya dan melibatkan media sebagai subjek)
• Field Trip Media (Contoh: Awak media diajak ke pabrik perusahaan / lokasi produksi, 

FAQ Layanan Media Luncheon

Apa itu layanan media luncheon?

Media Luncheon adalah kegiatan diskusi santai sambil makan siang bersama para wartawan agar mereka mendapat background-ing tentang perusahaan klien.

Apa tujuan diadakannya media luncheon?

Bertujuan untuk mendekatkan hubungan antara pihak perusahaan dengan pihak media.

Adanya hubungan yang dekat antara perusahaan dengan media akan menghasilkan pemberitaan yang positif dengan perusahaan.

FAQ Layanan Konferensi Pers

Apa itu layanan konferensi pers?

Acara khusus yang dibuat sebagai sarana untuk mengumumkan, menjelaskan, mempertahankan atau mempromosikan produk/pendapat dari perusahaan.

Apa tujuan diadakannya konferensi pers?

Agar memberi edukasi/informasi secara akurat pada publik tentang suatu peristiwa atau produk klien melalui jumpa pers. Selain itu konferensi pers biasanya digunakan bagi perusahaan yang terkena krisis/ingin mengklarifikasi sesuatu terkait perusahaan tersebut.

Apa perbedaan konferensi pers online dengan offline?

konferensi pers online dengan mengundang 10 media melalui platform zoom meeting sedangkan offline, media akan hadir langsung di lokasi yang sudah ditentukan perusahaan.

Bagaimana langkah-langkahnya untuk konferensi pers?

Pertama, memilih waktu yang tepat, kami akan mencari waktu yang bisa menyesuaikan momentum dan berkaitan dengan perusahaan. Kedua, kami akan membantu menyusun key message agar pembahasan terorganisir dan menghindari pertanyaan menjebak dari media. Ketiga, menentukan narasumber. Keempat, membuat undangan untuk media berisi hari/tanggal, waktu, dan tempat. Kelima, pembuatan draft rilis. Keenam, Media Labs akan memberikan draft rilis sesuai dengan bahan diskusi saat konferensi pers dan meminta approval klien. Kelima, setelah konferensi pers, apabila draft rilis sudah sesuai akan kami kirim ke media yang hadir.

Apa layanannya hanya konferensi pers saja?

Tidak. Kami memiliki banyak layanan yang berhubungan dengan media dan semua layanannya bisa dikonsultasikan kepada kami jika pihak klien bingung menentukannya.

Di mana konferensi pers secara offline biasanya diadakan?

Tempat yang strategis. Untuk area Jakarta misalnya, pilih wilayah di sekitar Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto yang paling pas karena lokasi tersebut jauh lebih mudah diakses oleh wartawan dari berbagai penjuru.

Siapa saja yang bisa memakai layanan konferensi pers itu?

Semua pihak yang membutuhkan layanan konferensi pers baik perusahaan maupun pribadi (personal branding).

Bagaimana cara untuk memakai layanan konferensi pers?

Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Layanan Media Gathering

Apa itu layanan media gathering?

Media Gathering adalah kegiatan kumpul-kumpul bersama media. Kegiatan ini merupakan wadah yang paling pas untuk perusahaan berjumpa dengan wartawan dengan suasana santai.

Apa tujuan diadakannya media gathering?

Bertujuan untuk menjalin keakraban antara pihak perusahaan dengan pihak media.

Adanya hubungan yang dekat antara perusahaan dengan media akan menghasilkan pemberitaan yang positif dengan perusahaan.

Apa perbedaan media luncheon dengan media gathering?

Media gathering lebih kuat untuk meningkatkan bonding antara perusahaan dan wartawan, bahkan tidak jarang menjadi teman yang akrab karena melewati beberapa hari bersama untuk saling mengenal. Sedangkan media luncheon hanya bertemu 2-3 jam saja.

Apa layanannya hanya media gathering saja?

Tidak. Kami memiliki banyak layanan yang berhubungan dengan media dan semua layanannya bisa dikonsultasikan kepada kami jika pihak klien bingung menentukannya.

Di mana media gathering biasanya diadakan?

Tergantung kegiatan apa yang dilakukan, biasanya kegiatan yang memiliki korelasi dengan klien sehingga bisa dilakukan di tempat tersebut.

Siapa saja yang bisa memakai layanan media gathering itu?

Semua pihak yang membutuhkan layanan media gathering baik perusahaan maupun pribadi (personal branding). Namun biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan BUMN atau swasta.

Bagaimana cara untuk memakai layanan media gathering?

Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Layanan Liputan Radio

Apa itu layanan liputan radio?

Layanan ini agar perusahaan dapat memberikan informasi atau edukasi yang menarik dan memiliki nilai berita dan disiarkan melalui media radio.

Apa tujuan liputan radio?

Bertujuan untuk seeding informasi terkait perusahaan, meningkatkan brand awareness dan kredibilitas.

Apa perbedaan liputan TV dengan liputan radio?

Hanya berbeda format, tv dengan audio visual sedangkan radio hanya audio.

Kapan waktu terbaik untuk liputan radio?

Tergantung program terkait.

Di mana liputan radio biasanya diadakan?

Di studio radio terkait.

Siapa saja yang bisa memakai layanan liputan radio?

Semua pihak yang membutuhkan layanan liputan radio baik perusahaan maupun pribadi (personal branding). Namun biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan BUMN atau swasta.

Bagaimana cara untuk memakai layanan liputan radio?

Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Layanan Liputan TV

Apa itu layanan liputan media?

Media Labs akan membantu menghadirkan media untuk meliput acara-acara perusahaan seperti grand launching atau FGD. Selain itu bisa dengan format berbeda, seperti pimpinan perusahaan menjadi narasumber program TV yang memiliki keterkaitan dengan perusahaan.

Apa tujuan diadakannya liputan TV?

Bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan kredibilitas perusahaan.

Apa perbedaan liputan TV dengan liputan radio?

Hanya berbeda format, tv dengan audio visual sedangkan radio hanya audio.

Di mana liputan TV biasanya diadakan?

Tergantung format acara program TV terkait.

Siapa saja yang bisa memakai layanan liputan TV?

Semua pihak yang membutuhkan layanan liputan TV baik perusahaan maupun pribadi (personal branding). Namun biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan BUMN atau swasta.

Bagaimana cara untuk memakai layanan liputan TV?

Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Layanan Media Visit

Apa itu layanan media visit?

Media visit adalah kunjungan perusahaan ke kantor media dalam upaya untuk membina hubungan baik antara perusahaan dan pihak pers.

Apa tujuan diadakannya media visit?

Untuk memberikan kesempatan kepada jajaran redaksi sebuah media bertemu dan berbincang dengan pimpinan perusahaan. Lewat kegiatan ini kita bisa saling bertukar pikiran tentang hal-hal terkait dengan bisnis perusahaan (pengkinian informasi dan data).

Apa layanannya hanya media visit saja?

Tidak. Kami memiliki banyak layanan yang berhubungan dengan media dan semua layanannya bisa dikonsultasikan kepada kami jika pihak klien bingung menentukannya.

Di mana media visit biasanya diadakan?

Di kantor media.

Siapa saja yang bisa memakai layanan media visit itu?

Semua pihak yang membutuhkan layanan media visit baik perusahaan maupun pribadi (personal branding). Namun biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan BUMN atau swasta.

Bagaimana cara untuk memakai layanan media visit?

Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.