
FAQ Layanan Distribusi Pers Rilis
Distribusi Pers Rilis adalah layanan penulisan tentang value perusahaan/individu yang dikemas melalui sebuah siaran pers (pers rilis). Rilis ini nantinya akan didistribusikan ke media-media nasional.
Pers Rilis dan Advertorial sama-sama ditulis berdasarkan brief dari klien/perusahaan. Namun, Pers Rilis ditulis dengan konsep soft selling, sedangkan Advertorial bersifat hard selling dan dengan harga sesuai rate card masing-masing media. Namun keduanya tetap disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik.
Tidak. Karena itu sudah wewenang wartawan dari media tentang bentuk tulisan berdasarkan dari Pers Rilis yang telah kami kirimkan. Namun begitu, bila setelah beritanya naik dan ternyata tidak sesuai/jauh secara konten dengan yang ada di Pers Rilis, kita bisa mengajukan permohonan untuk mereka/wartawan lakukan revisi. Dengan kata lain, Pers Rilis adalah panduan untuk wartawan menuliskan berita.
Bila terjadi kesalahan penulisan nama pejabat, nama tempat, angka-angka/data dan hal-hal lain yang menyangkut profil perusahaan yang tidak sesuai seperti yang tercantum di Pers Rilis. Kita bisa ajukan untuk revisi kesalahan-kesalahan tersebut.
Rilis tersebut sangat mungkin tayang pada hari yang sama saat rilis sudah disetujui klien, namun setiap media memiliki kebijakannya masing-masing sehingga ada kemungkinan baru bisa tayang 1-3 hari kemudian.
Kami akan melampirkan daftar media besar online (tier 1) yang potensial untuk penayangan rilis tersebut pada saat penawaran. Daftar itu hanya untuk informasi dan bukan klien pilih media apa. Namun, begitu klien bisa mengajukan preferensi media sehingga kami akan upayakan untuk bisa tayang di media preferensi tersebut.
Semua pihak yang membutuhkan pemberitaan tentang kegiatan korporat maupun personal (dalam rangka personal branding).
Ada dua cara. Pertama, klien bisa memberikan kepada kami bahan tulisan yang sudah jadi lalu kami yang akan me-review sebelum dikirimkan ke media. Bila ada yang perlu kami edit, kami akan lakukan editing naskah. Kami akan minta approval dari klien atas naskah yang sudah diedit sebelum kami kirimkan ke media.
Cara ke-2 adalah klien bisa mengirimkan bahan mentah tulisan atau proses wawancara. Setelah itu kami menyusun draft naskah Pers Rilis yang kami akan minta persetujuan (approval) dari klien sebelum kami kirimkan ke media.
Bila sudah mendapatkan persetujuan (dari kedua cara tadi), kami akan kirimkan ke media.
Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Media Engagement
Media Engagement merupakan variasi kegiatan yang dibuat oleh perusahaan/klien dengan melibatkan awak media sebagai subjek utama dalam kegiatan tersebut. Hal ini bertujuan agar terjalin hubungan baik antara awak media dengan perusahaan/klien.
Media Engagement yang menjadi wadah interaksi antara klien dengan awak media terdiri dari beberapa jenis kegiatan seperti:
• Media Visit (Kunjungan klien/perusahaan ke kantor media).
• Media Luncheon (Makan siang bersama awak media)
• Media Briefing (Kegiatan sehari penuh bersama awak media)
• Media Gathering (Kegiatan menginap 3 hari 2 malam bersama awak media)
• Media Nurturing (Klien/Perusahaan/Brand membuat acara khusus terkait spesialisasinya dan melibatkan media sebagai subjek)
• Field Trip Media (Contoh: Awak media diajak ke pabrik perusahaan / lokasi produksi,

FAQ Layanan Media Luncheon
Media Luncheon adalah kegiatan diskusi santai sambil makan siang bersama para wartawan agar mereka mendapat background-ing tentang perusahaan klien.
Bertujuan untuk mendekatkan hubungan antara pihak perusahaan dengan pihak media.
Adanya hubungan yang dekat antara perusahaan dengan media akan menghasilkan pemberitaan yang positif dengan perusahaan.

FAQ Layanan Konferensi Pers
Acara khusus yang dibuat sebagai sarana untuk mengumumkan, menjelaskan, mempertahankan atau mempromosikan produk/pendapat dari perusahaan.
Agar memberi edukasi/informasi secara akurat pada publik tentang suatu peristiwa atau produk klien melalui jumpa pers. Selain itu konferensi pers biasanya digunakan bagi perusahaan yang terkena krisis/ingin mengklarifikasi sesuatu terkait perusahaan tersebut.
konferensi pers online dengan mengundang 10 media melalui platform zoom meeting sedangkan offline, media akan hadir langsung di lokasi yang sudah ditentukan perusahaan.
Pertama, memilih waktu yang tepat, kami akan mencari waktu yang bisa menyesuaikan momentum dan berkaitan dengan perusahaan. Kedua, kami akan membantu menyusun key message agar pembahasan terorganisir dan menghindari pertanyaan menjebak dari media. Ketiga, menentukan narasumber. Keempat, membuat undangan untuk media berisi hari/tanggal, waktu, dan tempat. Kelima, pembuatan draft rilis. Keenam, Media Labs akan memberikan draft rilis sesuai dengan bahan diskusi saat konferensi pers dan meminta approval klien. Kelima, setelah konferensi pers, apabila draft rilis sudah sesuai akan kami kirim ke media yang hadir.
Tidak. Kami memiliki banyak layanan yang berhubungan dengan media dan semua layanannya bisa dikonsultasikan kepada kami jika pihak klien bingung menentukannya.
Tempat yang strategis. Untuk area Jakarta misalnya, pilih wilayah di sekitar Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto yang paling pas karena lokasi tersebut jauh lebih mudah diakses oleh wartawan dari berbagai penjuru.
Semua pihak yang membutuhkan layanan konferensi pers baik perusahaan maupun pribadi (personal branding).
Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Layanan Media Gathering
Media Gathering adalah kegiatan kumpul-kumpul bersama media. Kegiatan ini merupakan wadah yang paling pas untuk perusahaan berjumpa dengan wartawan dengan suasana santai.
Bertujuan untuk menjalin keakraban antara pihak perusahaan dengan pihak media.
Adanya hubungan yang dekat antara perusahaan dengan media akan menghasilkan pemberitaan yang positif dengan perusahaan.
Media gathering lebih kuat untuk meningkatkan bonding antara perusahaan dan wartawan, bahkan tidak jarang menjadi teman yang akrab karena melewati beberapa hari bersama untuk saling mengenal. Sedangkan media luncheon hanya bertemu 2-3 jam saja.
Tidak. Kami memiliki banyak layanan yang berhubungan dengan media dan semua layanannya bisa dikonsultasikan kepada kami jika pihak klien bingung menentukannya.
Tergantung kegiatan apa yang dilakukan, biasanya kegiatan yang memiliki korelasi dengan klien sehingga bisa dilakukan di tempat tersebut.
Semua pihak yang membutuhkan layanan media gathering baik perusahaan maupun pribadi (personal branding). Namun biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan BUMN atau swasta.
Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Layanan Liputan Radio
Layanan ini agar perusahaan dapat memberikan informasi atau edukasi yang menarik dan memiliki nilai berita dan disiarkan melalui media radio.
Bertujuan untuk seeding informasi terkait perusahaan, meningkatkan brand awareness dan kredibilitas.
Hanya berbeda format, tv dengan audio visual sedangkan radio hanya audio.
Tergantung program terkait.
Di studio radio terkait.
Semua pihak yang membutuhkan layanan liputan radio baik perusahaan maupun pribadi (personal branding). Namun biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan BUMN atau swasta.
Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Layanan Liputan TV
Media Labs akan membantu menghadirkan media untuk meliput acara-acara perusahaan seperti grand launching atau FGD. Selain itu bisa dengan format berbeda, seperti pimpinan perusahaan menjadi narasumber program TV yang memiliki keterkaitan dengan perusahaan.
Bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan kredibilitas perusahaan.
Hanya berbeda format, tv dengan audio visual sedangkan radio hanya audio.
Tergantung format acara program TV terkait.
Semua pihak yang membutuhkan layanan liputan TV baik perusahaan maupun pribadi (personal branding). Namun biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan BUMN atau swasta.
Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.

FAQ Layanan Media Visit
Media visit adalah kunjungan perusahaan ke kantor media dalam upaya untuk membina hubungan baik antara perusahaan dan pihak pers.
Untuk memberikan kesempatan kepada jajaran redaksi sebuah media bertemu dan berbincang dengan pimpinan perusahaan. Lewat kegiatan ini kita bisa saling bertukar pikiran tentang hal-hal terkait dengan bisnis perusahaan (pengkinian informasi dan data).
Tidak. Kami memiliki banyak layanan yang berhubungan dengan media dan semua layanannya bisa dikonsultasikan kepada kami jika pihak klien bingung menentukannya.
Di kantor media.
Semua pihak yang membutuhkan layanan media visit baik perusahaan maupun pribadi (personal branding). Namun biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan BUMN atau swasta.
Caranya sangat mudah. Hubungi nomor official kami di 0812-9500-0376 dan buat janji meeting, apabila klien sudah oke dengan harga dan kesepakatan lainnya, maka layanan yang disepakati bisa segera dilaksanakan.